ITB OpenSPARC Challenge : LSI Design Contest (Open Recruitment)


Salam Inovasi!

Mau terlibat dalam pengembangan inovasi di ITB?

Teknologi elektronik berkembang pesat seiring dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan. Berbagai piranti elektronik diciptakan untuk mempermudah manusia. Dengan fungsi-fungsi penting yang dapat dilakukannya, piranti-piranti tersebut menjadi bagian penting dalam kehidupan.

Di bidang elektronik, perancangan Integrated Circuit (IC) merupakan suatu bagian yang berkembang pesat. Dalam proses perancangan IC tersebut dapat dihasilkan suatu chip. Chip dapat dianggap sebagai otak yang dapat menjalankan suatu operasi sistem besar. Chip-chip tersebut digunakan dalam berbagai piranti elektronik seperti telepon selular, computer, PDA, music player, microwave, dan televisi. Melihat banyaknya penggunaan chip, industri IC merupakan suatu bidang yang menjanjikan dan mampu menghasilkan income yang cukup besar jika dikembangkan.

Di berbagai wilayah dunia lainnya, riset teknologi perancangan IC, khususnya Very Large Scale IC (VLSI), telah banyak dilakukan. Di Indonesia sendiri, riset di bidang teknologi elektronik, terutama VLSI, sangat minim dilakukan. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat banyaknya Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas serta banyaknya konsumen di Indonesia sendiri.

OpenSPARC Community Indonesia merupakan suatu komunitas yang memiliki anggota-anggota yang memiliki keinginan mengembangkan Open-processor buatan Sun –Oracle, OpenSPARC. Source code prosesor ini dipublish oleh Sun-Oracle dan dapat digunakan secara bebas. Dengan demikian, OpenSPARC dapat dikembangkan menjadi suatu teknologi tepat guna dan ekonomis. Sebagai contoh, pengembangan OpenSPARC yang sedang dilakukan adalah pembuatan Low Cost PC.

OpenSPARC Community Indonesia sebagai salah satu komunitas yang terkait dengan bidang VLSI memiliki visi membantu pengembangan industri IC di Indonesia. Kegiatan ITB OpenSPARC Challenge: LSI Design Contest ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan OpenSPARC Community Indonesia dalam mencapai visi tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat, terutama mahasiswa, terpacu untuk mempelajari bidang VLSI sekaligus memberikan apresiasi kepada calon-calon engineer berbakat di bidang VLSI ini.

dan kami mengadakan Open Recruitment untuk ITB OpenSPARC Challenge kali ini…

berminat jadi bagian dari inovasi?

kunjungi: http://tinyurl.com/3xsr5es

Develop the nation
through
Ideas and Innovations

Syarif Rousyan Fikri
rousyan.fikri@gmail.com
Presiden Inkubator Ide dan Inovasi Mahasiswa
Institut Teknologi Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s