INDIGO FELLOWSHIP 2011 : ”Digital Creativepreneur for Nation Competitiveness”


INDIGO FELLOWSHIP 2011
Digital Creativepreneur for Nation Competitiveness”

TIMELINE!

16 Jun 2011 – 04 Oct 2011 | Registrasi & Pengiriman Abstraksi (saat ini!)

17 Sep 2011 – 07 Oct 2011 | Seleksi Abstraksi oleh Tim Indigo

07 Oct 2011 – 07 Oct 2011 | Penentuan Peserta Lolos tahap Abstraksi

07 Oct 2011 – 18 Oct 2011 | Pengiriman Full Proposal

19 Oct 2011 – 21 Oct 2011 | Penjurian Tahap I – Online Penilaian Proposal

03 Nov 2011 – 03 Nov 2011| Presentasi – Penjurian Final

LATAR BELAKANG!
Program Indigo adalah inisiatif strategis Telkom yang diluncurkan pada akhir 2007, sebagai wadah industri kreatif Indonesia yang memanfaatkan teknologi digital dan membangun industri kreatif yang sehat dan menyehatkan. Sejak diluncurkan sampai dengan sekarang beberapa program strategis elah dilakukan, antara lain program pelatihan Bagimu Guru Kupersembahkan, Santri Indigo, Indigopreneur, Education for Tomorrow, www.pasarkreasi.com, Sumatera Digital Island, Kampung Digital, Broadband Learning Center, Digital Village, Sistem Informasi Administrasi Pendidikan Online, Speedytrek dan lain sebagainya.

Indigo Fellowship merupakan program apresiasi kepada individu atau kelompok yang dinilai berhasil membuat karya kreatif digital dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas, serta mendorong tumbuhnya digitalpreneur baru dalam industri digital. Tema yang diusung Indigo Fellowship 2011 adalah ”Digital Creativepreneur for Nation Competitiveness”.

Para pemenang Indigo Fellowship 2011 akan masuk ke dalam tahap inkubasi teknis dan bisnis yang selanjutnya dinamakan Indigo Venture. Di sini Telkom akan memberikan semacam financing kepada pemenang dalam mengembangkan karyanya. Karya kreatif yang berhasil menjadi pemenang juga mendapatkan kesempatan mengeksplorasi semua kapabilitas platform Telkom yang ada serta melakukan kegiatan bersama di lingkungan Telkom Group.

Peserta yang dinilai memiliki karya kreatif terbaik berhak mendapatkan apresiasi berupa dukungan dana untuk inisiasi bisnis sebesar Rp 50 juta dan mengikuti mentoring digitalpreneurship dari para pakar di bidangnya. “Selain itu karya pemenang berpeluang dikembangkan bersama Telkom Group menjadi produk content dan aplikasi yang siap dipasarkan ke pelanggan.”

Salah satu keunggulan kompetitif program Indigo Fellowship, adanya ekosistem yang komprehensif dan sustainable dalam memfasilitasi industri kreatif yaitu melalui tahapan sebagai berikut:

  1. Awake, menumbuhkan awareness kepada publik terhadap keberadaan Indigo Fellowship yang akan mengispirasi masyarakat terhadap peluang baru dalam industri kreatif digital.
  2. Inspire, melalui story telling bagaimana dan mengapa industri kreatif tumbuh dan berkembang, From Zero to Hero, mencari bibit unggul yang diharapkan sukses mengelola bisnis/industri kreatif digital melalui idea kreatif dan network yang ada.
  3. Connect, menciptakan ekosistem yang menjalin mata rantai industri kreatif dari hulu ke hilir menjadi produk/layanan yang akan dipasarkan menjadi produk/layanan Telkom Group.
  4. Engage, mengajak partisipasi masyarakat dan komunitas membangun hubungan emosional yang harmonis dan sustainable dengan pelaku/tokoh industri kreatif digital.

Seluruh rangkaian program tersebut mencapai puncaknya akhir 2011 dengan diumumkannya pemenang Indigo Fellowship 2011 dalam paket acara Indigo Award 2011. Pemilihan pemenang dilakukan berdasarkan kriteria penjurian sebagai berikut :

  1. Profit/Marketability: Karya kreatif yang dipilih harus memiliki kelayakan bisnis untuk diimplementasikan, berpotensi menghasilkan revenue, menekan cost of product, serta menghasilkan keuntungan secara ekonomi.
  2. Product Originality: Karya kreatif harus kreatif, mengembangkan cara/metode baru untuk menghasilkan karya dan innovatif, menemukan karya/produk baru yang belum pernah dikembangkan orang lain serta tidak melanggar hak cipta.
  3. Positive Impact: Karya kreatif harus berdampak maksimal kepada masyarakat, sosial, seperti pengentasan kemiskinan, menekan pengangguran, memperbaiki issue deskriminasi gender, tidak mengandung SARA dan pornografi.
  4. Personality: Peserta yang mengikuti kompetisi memiliki kompetensi di bidang digitalpreneur, mampu mengelola sumber daya untuk membangun industri, dan mampu mengembangkan networking/kolaborasi yang kuat untuk mendorong suksesnya karya digital.

KATEGORI KOMPETISI!
Kategori Kompetisi Indigo Fellowship 2011:

  1. Mobile Content & Application, adalah karya digital baik berupa content atau aplikasi yang diaplikasikan di perangkat handphone.
  2. Web Based Content & Application, adalah karya digital dalam bentuk aplikasi atau content berbasis web yang dapat diakses baik melalui perangkat PC dan koneksi internet.
  3. Business Application, adalah karya digital dalam bentuk aplikasi perangkat lunak untuk kebutuhan pelanggan korporasi dalam menjalankan bisnisnya melalui aplikasi komputer.
  4. Animasi/Komik Digital adalah karya digital dalam bentuk aplikasi atau content yang dapat diaplikasikan baik di perangkat PC maupun mobile phone baik dalam bentuk komik digital maupun dalam bentuk animasi komputer.

via http://fellowship.plasaindigo.com/
ditulis ulang oleh Dwininta W.
Biro Komunikasi dan Informasi
Keluarga Mahasiswa ITB 2011/2012

__._,_.___

One comment

  1. Panama foundation · · Reply

    Teacher Code CD T Requirements a S-1 FKIP IKIP or university degree from reputable university with working experience in science social science math english PPKN Bahasa Indonesia sport music kindergarten and psychology teacher. Nama required Email tidak akan dipublish required Website hanya jika ada Silahkan bergabung untuk membahas isu dan informasi seputar dunia lowongan kerja Indonesia dari berbagai profesi Informasi lewat email Data Lowongan Kerja menyediakan database informasi bursa lowongan kerja bagi para pencari kerja di Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru lowongan pekerjaan secara gratis yang diambil dari berbagai sumber seputar media cetak kompas dan internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: