Parlemen Muda Indonesia


Parlemen Muda Indonesia adalah sebuah gerakan sosial yang didedikasikan untuk pendidikan demokrasi kepada pemuda dan advokasi isu sosial melalui kegiatan sidang parlemen remaja, penggunaan media jejaring sosial, serta kegiatan pengembangan masyarakat di 33 provinsi di seluruh Indonesia.

Parlemen Muda diselenggarakan secara independen oleh Indonesian Future Leaders (IFL). IFL adalah organisasi pemuda berbentuk lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam bidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial. IFL secara rutin mengadakan berbagai program pelatihan, peningkatan kapasitas pemuda, pengembangan masyarakat, dan avokasi pada berbagai isu sosial. Informasi lebih lanjut, kunjungi http://indonesianfutureleaders.org

Setelah melalui seleksi berkas, wawancara, dan juga rangkaian pemilihan umum, akan dipilih 33 orang Anggota Parlemen Muda yang mewakili setiap provinsi di Indonesia. 33 Anggota Parlemen Muda berhak mengikuti Sidang Parlemen yang akan dilaksanakan di Jakarta pada Januari 2012. Selama sidang, para anggota Parlemen Muda akan menghasilkan berbagai rekomendasi dan rumusan kebijakan khususnya dalam isu pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup. Anggota Parlemen Muda juga akan dibekali kemampuan kepemimpinan, komunikasi, advokasi, dan pengelolaan proyek. Dalam rangkaian sidang juga akan ditentukan sejumlah penghargaan khusus bagi wakil daerah yang menunjukkan performa terbaik dalam berbagai bidang.
Seluruh anggota Parlemen Muda akan kembali ke daerah masing-masing, dan menginisiasikan berbagai proyek advokasi dan sosial yang akan memberikan dampak kepada daerah mereka.
Apa tujuan dari program ini?

  • Meningkatkan

    partisipasi pemuda dalam ranah politik nasional, sebagai upaya dalam menjaga nilai-nilai demokrasi dan perlindungan hak asasi manusia dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

  • Meningkatkan kesadaran pemuda mengenai permasalahan nasional.
  • Mengakumulasikan opini & ide pemuda mengenai permasalahan nyata dan menyediakan solusinya.
  • Mempersiapkan

    pemuda dengan kemampuan dan kecakapan yang dibutuhkan untuk kemudian membangun bangsa sebagai pemimpin masa depan Indonesia.

Syarat Pendaftaran

1. WNI Berusia 16-22 tahun (pada 1 januari 2011)

2. Berdomisili di provinsi yang diwakilinya setidaknya hingga Juni 2011

3. Memiliki visi besar untuk memajukan bangsa dan tertarik pada isu-isu sosial

4. Melakukan pendaftaran di situs ini. Batas akhir pendafataran adala 24 September 2011

5. Bersedia mengikuti proses seleksi dan pemilihan umum

Formulir Pendaftaran Parlemen Muda Indonesia

Isi dan submit form secara lengkap. Setelah itu email konfirmasi akan dikirim ke email kamu. Jika terjadi kesalahan sistem sehingga kamu tidak menerima email konfirmasi maka kamu diperkenankan untuk mendownload formulir pendaftaran di link ini –> http://parlemenmuda.org/downloadarea/FORMULIR_PENDAFTARAN_Parlemen_Muda.docx

,Silahkan diisi disitu dan dikirim ke alamat email panitia. Segala pertanyaan tentang registrasi dan email konfirmasi dapat ditanyakan ke email panitia
adapun formulir online bisa diakses melalui situs http://parlemenmuda.org/index.php?option=com_chronocontact&Itemid=11


via Kementerian Profesi dan Inovasi
Biro Komunikasi dan Informasi
Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB 2011/2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: