FORUM SATYA DAYA (Satu Cita, Kaya dalam Karya) ITB FAIR 2012


Call For Paper

Forum Satya Daya ITB FAIR 2012
4-5 Februari 2012
Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat

Atas berbagai pertimbangan kami Panitia Forum Satya Daya ITB FAIR 2012 membuat perubahan pada sistematika pemilihan perwakilan mahasiswa ITB pada Forum Satya Daya ITB FAIR 2012. Sistem untuk mahasiswa ITB akan berbeda dengan mahasiswa umum yang mendaftarkan diri pada Forum Satya Daya ITB FAIR 2012.

Konsep Forum Satya Daya
Mahasiswa adalah kaum intelektual yang kritis dan inovatif memiliki peran sebagai masyarakat sipil yang berkontribusi lebih kepada masyarakat. Peran mahasiswa sebagai agent of change dapat ditinjau menjadi dua bentuk pergerakan, yaitu horizontal, implementasi terhadap masyarakat; dan vertikal, bentuk penyambung lidah masyarakat terhadap pihak pemerintah.
Pergerakan horizontal yang disorot adalah berupa karya mahasiswa yang dapat dikategorikan menjadi tiga hal, yaitu inovasi, peningkatan kewirausahaan, dan pengabdian masyarakat yang ketiganya sangat berkaitan satu sama lain. Inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa bermanfaat untuk peningkatan kualitas kewirausahaan masyarakat sehingga memiliki added value. Dimana pada akhirnya inovasi tersebut bisa mengeskalasi taraf hidup masyarakat yang mandiri (sociopreneurship) dan memiliki daya saing tinggi bagi Indonesia nantinya.
Selain itu bentuk karya vertikal yang diperlukan adalah sinergisasi dari masyarakat, mahasiswa, dan pemerintah. Untuk menyempurnakan inovasi yang dibuat oleh masyarakat diperlukan komunikasi yang baik dengan pemerintah sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator inovasi tersebut. Selain itu keterlibatan masyarakat yang direpresentasikan dengan pelaku industri juga penting, sebagai ‘guru’ inovator yang sudah ahli dalam bidang spesifik dan evaluator terhadap inovasi mahasiswa.
Oleh karena itu dibuat sebuah wadah bagi mahasiswa untuk membangun inovasi tersebut dan bersinergisasi dengan ketiga pihak yakni pemerintah, akademisi, dan pelaku industri. Atas dasar tersebutlah, Kabinet KM ITB menyelenggarakan Forum Satya Daya (Satu Cita Kaya dalam Karya) ITB FAIR 2012sebagai bagian dari acara ITB FAIR 2012.

Beberapa FAQ

Apa itu Forum Satya Daya?
Forum Satya Daya (Satu Cita Kaya dalam Karya) adalah acara bagian dari ITB FAIR 2012. Forum Satya Daya merupakan wadah komunikasi mahasiswa dengan pemerintah, pelaku industri, dan akademisi untuk membahas inovasi karya dan potensi yang dimliiki Indonesia. Inovasi yang diciptakan mahasiswa bermanfaat untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat. Dimana pada akhirnya inovasi tersebut bisa mengeskalasi taraf hidup masyarakat yang mandiri dan memiliki daya saing tinggi.
Apa itu kluster, apa perbedaan Focus Group Discussion dengan Forum Satya Daya (main event)?
Kluster merupakan kelompok-kelompok kecil yang ada di Forum Satya Daya. Kluster dibagi berdasarkan topik esai yang diberikan. Dalam Focus Group Discussion (FGD) peserta akan dikelompokkan berdasarkan kluster dan membahas inovasi karya dan potensi kluster tertentu. Misal: peserta A dari Jawa Timur dan peserta B dari Sumatera Selatan mengirimkan esai dengan topik pengembangan kelapa sawit. Peserta A tersebut akan bergabung di FGD kluster kelapa sawit dan membahas pengembangan kelapa sawit dengan Peserta B.
Setelah kegiatan kelima FGD dilangsungkan secara bersamaan, acara dilanjutkan dengan Forum Mahasiswa Indonesia, yaitu pemaparan dari kelima kluster dan pembahasan inovasi karya dan potensi Indonesia secara umum (nasional).
Kemudian pada hari Minggu, 5 Februari 2012, seluruh mahasiswa mengikuti Forum Satya Daya (main event) dan berdiskusi dengan pemerintah dan pelaku industri.
Apa saja kluster yang diangkat dan apa pertimbangan kluster tersebut dipilih?
Kelapa sawit, kakao, perikanan, tanaman pangan, dan ICT. Kelima cluster dipilih berdasarkan pemetaan potensi Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan pertimbangan persebaran potensi di masing-masing pulau serta yang dapat dikembangkan oleh UKM.
Bagaimana dengan keprofesian jurusan saya? Apa tidak dapat dikolaborasikan dengan kluster yang ada?
Kluster yang dibahas pada Forum Satya Daya dipilih berdasarkan potensi yang ada dari daerah per pulau, bukan berbasiskan keprofesian yang ada. Namun, perlu ditekankan bahwa inovasi karya dan potensi yang dibahas bukan hanya dilihat dari sisi penelitian dan teknologinya saja. Kluster dapat membahas topik tersebut secara luas, misalnya inovasi social, pendekatan hukum, sisi ekonomi, dan masih banyak lagi. Berbagai macam bidang dapat digunakan untuk membahas kluster-kluster tersebut.
Siapa saja peserta Forum Satya Daya?
Peserta Forum Satya Daya dibagi menjadi 3 yaitu:
Akademisi, terdiri atas 150 mahasiswa Indonesia yang telah mengirimkan paper yang berisikan inovasi dan potensi dari daerah masing-masing serta peneliti dan dosen yang terkait dengan bidang kluster yang dibahas.
Pemerintah, terdiri atas lima kementerian yang terkait dengan lima kluster yang dibahas.
Pelaku industri, terdiri atas asosiasi-asosiasi yang terkait dengan lima kluster maupun perwakilan dari perusahaan industri baik makro maupun mikro.

Silakan baca FAQ lebih lanjut di www.itbfair2012.com/satyadaya

Kami panitia Forum Satya Daya ITB Fair 2012 mengundang kepada seluruh mahasiswa ITB untuk membuat essay mengenai inovasi dan karya dan hubungannya dengan cluster potensi yang dapat dilihat di e-Book Forum Satya Daya (file .pdf). Pendaftar harus melampirkan CV pada esai potensi ke putranegara.riauwindu dan yessicafransisca. Peserta harus memilih satu diantara 5 cluster dan pembahasan terkait hubungan inovasi dan karya dengan cluster yang sudah dipilih.

Tema Pergerakan mahasiswa melalui inovasi karya dengan semangat kewirausahaan untuk Indonesia
Tanggal Penting
Forum Sosialisasi Forum Satya Daya : 10 Januari 2012
Batas Pengumpulan Esai : 17 Januari 2012
Notifikasi Penerimaan Esai : 18 Januari 2012
Seleksi Internal ITB : 19 Januari 2012
Pra Forum ITB (Pencerdasan Massa Kampus) : 24 Januari 2012
Hari Pelaksanaan Forum : 4-5 Februari 2012

Website http://www.itbfair2012.com/satyadaya

Mohon unduh lampiran pada email ini untuk penjelasan mengenai esai dan kegiatan Forum Satya Daya. Terimakasih.

Salam,

Yessica Fransisca Stephanie
Manager of Forum Satya Daya ITB FAIR 2012
12209080 – Petroleum Engineering
Bandung Institute of Technology
yessicafransisca@hotmail.com
@yessicafs

__._,_.___
Attachment(s) from Yessica Fransisca Stephanie
3 of 3 File(s)
generic16x16.gifE Book ITB Forum Satya Daya ITB Fair 2012.pdf

generic16x16.gifForum Satya Daya (Concept).pptx

generic16x16.gifForum Satya Daya (Event).pptx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: