#INFO Peraturan One Board One Paper resmi diberlakukan di mading umum ITB!


Peraturan One Board One Paper (Satu Papan Satu Poster)
resmi diberlakukan di mading umum ITB!

Sejak 18 Desember 2011 lalu, peraturan One Board One Paper (OBOP) resmi diberlakukan di mading umum ITB. Peraturan ini merupakan upaya kampanye isu paperless dan isu ecocampus. Peraturan OBOP akan mengikat civitas akademik ITB pada khususnya dan pengguna mading umum ITB pada umumnya melalui sebuah perjanjian di atas kertas yang perlu disetujui oleh pihak pelaksana acara di ITB saat mengajukan proposal kegiatan ke Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB. Dengan adanya peraturan ini diharapkan civitas akademik ITB semakin peduli akan lingkungan sehat dan estetika yang baik.

KILAS BALIK
Sebenarnya telah ada Peraturan Tata Tertib di Kampus No. : 940/SK/K01.2/LK/2007 yang menjelaskan jika peraturan pemasangan satu poster pada satu papan mading. Namun peraturan ini belum memiliki sangsi dan masih memiliki nilai sosialisasi yang rendah. Divisi Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur (IMA-G) ITB merupakan penggagas dari ide ini. Bersama dengan Biro Komunikasi dan Informasi serta Divisi Komunikasi dan Informasi/Media dan Informasi/Media dan Propaganda Himpunan Mahasiswa Jurusan di ITB konsep OBOP dirumuskan pada tahun 2010 agar sesuai dengan iklim yang ada di ITB. Selama hampir satu tahun terakhir, peraturan OBOP telah menjadi kesepakatan bersama dari mahasiswa ITB untuk menjalankan peraturan ini demi kenyamanan bersama.
Selanjutnya, kini peraturan ini telah didukung pula oleh Lembaga Kemahasiswaan dan UPT Sarana Prasarana ITB.

Peraturan OBOP sendiri sebenarnya bukan hanya ITB yang telah menggunakannya. Sudah ada kampus lain di Amerika seperti Western Origon University, Bingham University, Carnigie Mellon, dan lainnya. Kalau untuk di Indonesia? Wah kurangtau. Yang pasti kita termasuk kampus yang cukup menegaskan peraturan ini di kampus kita🙂

FAQ (frequently ask question)
Q : Bagaimana cara mengikat pihak pengguna mading umum selain civitas ITB dengan peraturan OBOP ini?

A : Selain peraturan resmi, telah ada kesepakatan di mading umum ITB yang berasal dari perwakilan Divisi Komunikasi dan Informasi (maupun divisi sejenis) dari lembaga di ITB. Kesepakatan ini bisa dilihat pada tempelan peraturan yang ada di setiap mading umum. Sanksi OBOP tetap diberlakukan kepada para pihak selain civitas ITB yang ada, sesuai dengan peraturan kesepakatan yang ada.

Mari kita jalankan, tegakkan, dan nikmati bersama kesepakatan dan peraturan dari kita, untuk kita, dan oleh kita ini. Mading umum sebagai sarana publik memang baiknya kita pergunakan sebaik-baiknya untuk kenyamanan bersama. Dalam email ini telah dilampirkan Peraturan Tatib 940/SK/K01.2/LK/2007, peraturan OBOP di Lembaga Kemahasiswaan ITB, serta peta lokasi mading umum di ITB.

Karena kita adalah calon sarjana yang cerdas dalam berpikir maupun dalam bertindak🙂

Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater!

Biro Komunikasi dan Informasi
Keluarga Mahasiswa ITB 2011/2012“Antusias, Satu dan Inisiatif dalam Karya untuk Indonesia!”

__._,_.___
Attachment(s) from Biro Kominfo KM-ITB
2 of 2 Photo(s)
OBOP.jpg
OBOP.jpg

Peta Board Kampus.jpg
Peta Board Kampus.jpg

2 of 2 File(s)
pdf16x16.gifSK-PERATURAN TATA TERTIB DI KAMPUS.pdf

doc16x16.gifOBOP.docx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: