Repertoar Ganeca 2012


Pengantar Repertoar Ganeca 2012

Tanpa bermaksud menekankan arogansi, secara nyata ITB merupakan kampus yang telah berkontribusi besar kepada bangsa, baik positif maupun negatif. Dari presiden, menteri, gubernur, walikota, pejabat-pejabat eselon I dan II, hingga pemimpin-pemimpin BUMN dan perusahaan swasta banyak dikuasai oleh alumni ITB. Ketua DPD RI yang pertama Gidnanjar Kartasasmita, Menteri-menteri, dari era Bung Karno hingga Kabinet Indonesia Bersatu jilid 2, Wakil Ketua DPR RI sekarang Pramono Anung merupakan mantan aktivis kemahasiswaan di ITB.

Di atu sisi, menyempitkan kekuatan ITB hanya sebagai kampus penyumbang teknokrat dan birokrat juga tidak bisa dibenarkan karena terbukti banyak alumni ITB berkiprah di luar bidang mereka, seperti :

Joko Anwar (PN’95) : Sutradara film Arisan, Janji Joni, Jakarta Undercover
Kardono (GD’51) : Ketua PSSI Tersukses (Juara SEA GAMES 1987 & 4 Besar ASIAN GAMES 1986)
Sudjiwo Tedjo (MA dan SI ) : Budayawan
Pandji Pragiwaksono (SR’97) : Penulis dan Entertainer
Enda Nasution (Mantan Kahim HMS) : Bapak Blogger
Purwacaraka (TI’79) : Komposer
Suyadi (SR’52) : Kreator si UNYIL

Terbukti jika ITB memiliki keragaman ilmu dan alumni-serta-mahasiswa yang mampu bergerak untuk bangsa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring repertoar memiliki arti sebagai berikut.

1. Persediaan nyanyian, lakon, opera yg dimiliki seseorang atau suatu kelompok seni yg siap untuk dimainkan;.
2. Daftar lagu, judul sandiwara, opera, dsb yg akan disajikan oleh pemain musik, sanggar penyanyi, dsb;.
3. Ling perbendaharaan bahasa (dialek, ragam) yg dimiliki oleh seseorang atau masyarakat.
Tujuan dari repertoar dalam hal ini bukan berarti menjadikan pergerakan kemahasiswaan sekadar lakon/sandiwara, melainkan suatu upaya mengangkat kajian dan pergerakan kemahasiswaan ini dengan beragam perbendaharaan bahasa atau karya yang dimiliki oleh mahasiswa ITB.

Kementerian Kajian Strategis mencoba meramu ide tersebut dalam suatu acara berjudul Repertoar Ganeca 2012.

Pergerakan mahasiswa selalu identik dengan demonstrasi dan aksi turun ke jalan, apalagi aktivitas ini telah terbukti dalam sejarah dapat membantu rakyat menyuarakan pendapatnya.

Tapi dalam masa di mana keberagaman berpikir dijunjung tinggi, tidak semua orang berpendapat sama. Mahasiswa saat ini dituntut untuk tidak hanya menyuarakan pendapat dan kepeduliannya terhadap bangsa melalui demonstrasi tapi juga dengan seni, diskusi, kajian dan keahlian masing-masing dalam bidang tertentu. Adanya diversifikasi pergerakan mahasiswa dianggap penting untuk mendobrak stereotip yang ada bahwa yang peduli pada bangsa terbatas pada yang gemar membawa spanduk sambil berteriak-teriak di tengah hari. Tidak, yang peduli pada bangsa adalah semua orang yang mendedikasikan karyanya demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui seni, teknologi, sains, olahraga, maupun literatur.

Selain itu, adanya anggapan sempit bahwa kajian adalah bidang yang membosankan sudah tidak berlaku lagi. Segala sesuatu dapat dikaji secara mendalam dan pada saat yang sama dikemas secara menarik. Mahasiswa sebagai tolak ukur kemajuan bangsa Indonesia sudah seharusnya hidup dengan mengkaji segala sesuatu secara kritis diiringi keingintahuan yang besar. “Jika kamu tidak dapat menjelaskannya secara sederhana, maka kamu tidak sepenuhnya mengerti”, perkataan legendaris dari Albert Einstein ini menggambarkan bahwa kajian harus dijelaskan kembali kepada masyarakat luas dengan menarik, sederhana dan tepat pada sasaran.

Repertoar Ganesha merupakan suatu inovasi penyampaian kajian dengan beragam kegiatan (seminar, bazar,tonil,buku) yang memiliki elemen-elemen yang sesuai dengan arti dari kata `repertoar’ itu sendiri yaitu ragam bahasa atau dapat juga diterjemahkan sebagai opera. . Kajian akan dirangkai dan dikemas dalam suatu sinergi potensi mahasiswa tidak hanya lewat pertunjukan, namun juga literatur dan pameran berbagai macam karya.

Sinergi dari seluruh bidang potensi mahasiswa inilah yang diharapkan dapat melebur dalam wadah bernama Repertoar Ganeca

Rundown Acara Repertoar Ganeca 2012
08.30-10.30 Kajian Pendidikan
10.30-12.30 Kajian Industri
12.30-13.30 Istirahat, shalat dan makan
13.30-14.00 Presentasi Printer 3D, Stan dan lain-lain
14.00-16.00 Kajian Energi
16.00-18.00 Kajian Quo Vadis Pergerakan Mahasiswa
19.00-21.00 Drama Musikal Kebangsaan

Jadi, ayo massa kampus, pesan tiketnya sekarang juga, sebelum kehabisan…!!

CP Tiket
Okihita 081335607447
Gloria 081280033125
Razi 085715702850

Info lebih lanjut
Follow twitter @RepertoarGaneca

Oiya, jangan lupa nonton video repertoar ya..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: