Majalah Perencanaan: The Planners Magazine by HMP-PL ITB


Perencanaan Wilayah dan Kota atau yang lebih dikenal sebagai Teknik Planologi adalah salah satu program studi yang mempelajari dan melakukan penerapan multidisiplin ilmu. Keilmuan Planologi ini membahas mengenai berbagai aspek yang terkait dengan kehidupan masyarakat. Ilmu yang dipelajari dalam program studi ini juga cukup beragam, antara lain perencanaan infrastruktur, perencanaan dan pembiayaan transportasi, sistem perencanaan perumahan dan perdesaan, pengenalan guna lahan, teori perekonomian wilayah dan kota, hingga aspek sosial-kependudukan masyarakat.

Ilmu yang membahas komperhensif mengenai berbagai aspek kehidupan sosial yang memengaruhi hajat hidup orang banyak ternyata belum banyak dikenal dimasyarakat. Banyak orang yang masih awam dengan istilah “Planologi”. Berusaha menawarkan solusi terhadap isu tersebut, kami Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi Pangriptaloka ITB (HMP PL ITB) mengusung sebuah ide untuk mengenalkan keilmuan Planologi melalui sebuah karya yang dekat dengan masyarakat, yaitu majalah. Dengan gaya bahasa yang ringan membuat konten berupa pesan dapat lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan, terutama untuk kalangan pelajar.

Edisi perdana majalah keprofesian The Planners ini bertemakan Cities in The Future, dengan edisi sebelumnya terbit dengan nama Planozone pada 2011 lalu. Membahas mengenai bagaimana fenomena perencanaan kota dimasa depan, dengan keterbatasan lahannya membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih praktis dengan adanya konsep hunian One Stop Living, komunitas Indonesia Berkebun sebagai solusi penghijauan yang dekat dengan masyarakat, teknologi-teknologi unik yang dapat diadaptasi pada kehidupan mendatang, dan banyak artikel lainnnya. Kami sajikan dalam bentuk cetak dan versi online agar dapat dinikmati banyak pihak dan tentunya mambawa manfaat.

Untuk dapat menikmati majalah The Planners ini, silahkan di klik tautan di bawah ini:

http://issuu.com/ hmppangriptalokaitb/docs/the_ planners_magz_01

Salam Redaksi.

Regards,
Fauzia Suryani Puteri – 15408061
Perencanaan Wilayah dan Kota
Institut Teknologi Bandung

__._,_.___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: