Seminar Kementerian Agama, Pendidikan dan Keilmuan (APK) Kabinet KM-ITB


KEMENTERIAN AGAMA, PENDIDIKAN, DAN KEILMUAN KABINET KM-ITB 2011/2012
Kegiatan : Seminar
Tema : “Sudahkah Pendidikan Agama Efektif dalam Menjawab Permasalahan Moralitas Bangsa”
Tempat : Ruang 32 CC Barat Institut Teknologi Bandung (ITB)
Hari/Tanggal : Sabtu/ 31 Maret 2012
Waktu : 08.00 s.d 12.00 WIB
Deskripsi Acara :
Seminar dengan Metode Talkshow. Membahas mengenai pentingnya Peran Generasi Muda khususnya Massa Kampus ITB terhadap Moralitas Bangsa dalam konteks Pendidikan Agama. Seminar dibagi menjadi dua sesi, di sesi pertama membahas mengenai “”Permasalahan Moralitas Bangsa, dan Pendidikankah sebagai solusinya?” dengan Pembicara dari Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia. Di sesi kedua membahas “Pendidikan Agama dalam Menjawab Permasalahan Moralitas Bangsa”dengan Pembicara dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia dan Kepala Koordinator Mata Kuliah Pendidikan Agama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Soft Launching Mentoring Mata Kuliah Agama oleh pihak Pengurus Mata Kuliah Pendidikan Agama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Mengenai Acara :
Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu Institut Terbaik di Indonesia yang mencetak kaum intelektual yang berkualitas dan berpengaruh besar dalam perkembangan teknologi dan keberjalanan pemerintahan di Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan terdistribusinya kaum intelektual dari Institut Teknologi Bandung (ITB) di berbagai posisi utama baik di instansi pemerintah maupun non-pemerintah. Hampir di setiap pergantian pemerintahan kursi penting di kementerian ataupun staff pemerintahan diisi oleh sederetan nama dari kaum intelektual Institut Teknologi Bandung (ITB), selain itu beberapa posisi pemimpin (direktur) perusahan yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian bangsa baik perusahan nasional maupun internasional ditempati oleh kaum intelektual dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Menempati posisi yang cukup penting dan berpengaruh besar terhadap perkembangan negara, perlu bekal pendirian baik rohani maupun jasmani serta intelektual yang baik dan kuat untuk mempertahankan nilai moralitas bangsa.
Salah satu bekal yang harus diperhatikan dalam hal rohani adalah Agama (Kepercayaan). Munculah pemikiran bahwa apakah kualitas seseorang dipengaruhi oleh kualitas dirinya dalam beragama, dimana ketika kualitas agamanya baik maka kualitas dirinya akan baik. Dikatakan seperti itu karena secara tidak langsung agama membatasi kebiaasaan seseorang, cara berbicara seseorang, pendirian seseorang, sikap seseorang, pemikiran dan paradigma seseorang serta cara mengambil langkah atau memutuskan dan menetapkan suatu hal yang pada akhrinya cenderung kearah yang positif dan baik. Dengan begitu diharapkan ketika banyak kaum intelektual memiliki sikap yang baik terutama para kaum intelektual dari Institut Teknologi Bandung (ITB), maka secara tidak langsung dapat mengurangi adanya permasalahan moralitas bangsa.
Pendidikan agama di bangsa ini sudah dibuat sedemikian rupa dan dimulai dari sejak dini, namun dimana letak kesalahan itu berada sehingga hasil yang diinginkan tidaklah sesuai. Munculah pemikiran untuk mengusulkan adanya perbaikan metode pendidikan, tanpa terkecuali di Institut Teknologi Bandung (ITB) khususnya bahwa pendidikan agama itu tidak hanya jadi sebatas teori namun harus bisa dibina untuk mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari. Karena Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pencetak kaum intelektual yang cukup berpengaruh terhadap bangsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: