Seminar Kementerian Agama, Pendidikan dan Keilmuan (APK) Kabinet KM-ITB


“Sudahkah Pendidikan Agama Efektif dalam Menjawab Permasalahan Moralitas Bangsa”
Sabtu, 31 Maret 2012. Suasana Ruang 32 Campus Center (CC) Barat ITB terlihat tak seperti biasanya. Pukul 08.00 WIB sudah banyak masa kampus yang berlalulalang disana. Ya! Seminar dengan tema “Sudahkah Pendidikan Agama Efektif dalam Menjawab Permasalahan Moralitas Bangsa” yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Pendidikan dan Keilmuan (APK) Kabinet KM-ITB 2011/2012 menghadirkan Drs.Imam Gunawan (Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) RI, DR. Nandang Najmulmunir, Ir.,MS. (Rektor Universitas Islam Empat Puluh Lima, Staff Ahli Pengembangan Karakter Kementerian Agama (KEMENAG) RI), KH. Asep Zainal Ausop, M.Ag (Koordinator Mata Kuliah Pendidikan Agama Institut Teknologi Bandung) dan Prof.DR. Toto Winata (Dosen Pendidikan Agama Budha-Dosen Prodi Fisika, FMIPA ITB). Seminar ini mengundang peserta dari berbagai kalangan, yakni Ketua Angkatan Fakultas/Sekolah 2011, Ketua Himpunan dan anggotanya, Ketua Unit Agama dan anggotanya, Ketua Unit dan anggotanya juga masa kampus lain.

Acara yang dipimpin oleh Adhy Satya Dharma (Staff Kementerian Sospol Kabinet KM-ITB) dimulai dengan sambutan dari Mukti Widodo (Menteri Agama, Pendidikan dan Keilmuan (APK) Kabinet KM-ITB) dan sambutan kedua dari Ir. Kadarsah (Wakil Rektor Bidang Akademik Institut Teknologi Bandung). Dengan mengangkat tema “Sudahkah Pendidikan Agama Efektif dalam Menjawab Permasalahan Moralitas Bangsa” banyak oarng yang sangat antusias untuk mengetahui lebih dalam, bagaimana tidak ini kaitannya dengan diri kita dan bangsa kita, tentu sebagai mahasiswa harus bisa mengerti dan paham bagaimana esensinya. Seminar dibagi menjadi dua sesi pertama dengan subtema seminar “Permasalahan Moralitas Bangsa dan Pendidikankah sebagai solusinya?.” Dengan Moderator Aditya Putra Tama (Menko Adokasi Kabinet KM-ITB) dan dua pembicara yakni Drs.Imam Gunawan dan DR.Nandang Najmulmunir, Ir., MS.Sesi kedua “Pendidikan Agama dalam Menjawab Permasalahan Moralitas Bangsa,” disinilah sesi yang juga tidak kalah penting dimana menyoroti kondisi pendidikan agama di Institut Teknologi Bandung, kampus kita tercint, dengan moderator Jaka Satria Budiman (Menko Dinamisasi Kampus Kabinet KM-ITB) dan dua pembicara yakni KH.Asep Zainal Ausop, M.Ag. dan Prof.Dr. Toto Winata.

Permasalahan moralitas bangsa bukan hanya sebagai pekerjaan rumah dari pemerintah, namun menjadi permasalahan kita semua sebagai bagian dari bangsa ini. Sudahlah jelas bahwa pendidikan agama telah menjawab permasalahan moralitas bangsa, yang menjadi masalah adalah adanya kesalahan yang membuat tujuan itu menjadi tidak sesuai, yakni rohani, agamanya yang menjadi fondasi dalam pembentukan karakter diri seseorang dianggap hal yang biasa saja padahal seharusnya menjadi hal yang perlu diperhatikan. Bangsa ini perlu perubahan, perlu para pemimpin yang berkarakter baik, dalam hal intelektual pastilah setiap orang sudah dalam kapasitasnya masing-masing. Pendidikan agama yang menjadi sarana fondasi karakter seseorang harus diperhatikan, agama berkaitan erat dengan hidup seseorang. Mulailah dari diri sendiri, mencintai dan memperbaiki kapasitas diri, mengembangkan karakter diri dengan dasar fondasi rohani yang kuat. Jika tidak sekarang kapan lagi? Jika tidak kita siapa lagi?
Untuk Tuhan Bangsa dan Almamater !!!

__._,_.___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: