Undangan Untuk Anak Muda Indonesia


Sabariah, begitu panggilannya. Dia adalah seorang siswa kelas 6 di SD Negeri 28 Pangkalan Ngirih. Sebuah SD di desa yang terletak di pulau kecil yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Pulau Rupat. Sejak kecil sabariah tidak pernah meninggalkan Pulau Rupat. Tapi pada bulan Mei 2011, sabariah untuk pertamakalinya meninggalkan Pulau Rupat, alih-alih hanya pergi ke kota kabupaten atau provinsi, Sabariah menginjakkan kaki di Jakarta. Dia bersama 302 Finalis Olimpiade Sains Kuark menyisihkan 84.000 peserta di seluruh Indonesia.

Bagi seorang anak desa seperti Sabariah, menginjakkan kaki di Jakarta ibarat mimpi. Semua orang di kampungnya menyaksikan Sabariah diwawancara sebuah stasiun TV seperti sedang menonton final Piala Dunia. Jarang sekali siswa dari daerah bisa bersaing pada level Nasional, paling tidak itu anggapan banyak orang tentang keadaan siswa daerah. Tapi sabariah adalah salah satu bukti mutiara yang terpendam di salah satu pulau terdepan Indonesia.

Enam bulan sebelum Sabariah pergi ke Jakarta, seorang anak muda terbaik Indonesia datang ke desanya untuk tinggal selama satu tahun dan mengajar di SD Negeri 28 Pangkalan Ngirih tempat Sabariah bersekolah. Mendekatkan kemajuan, kesempatan, dan terpenting, mendekatkan Indonesia ke pulau terdepan itu.

Sebelumnya, sekolah sabariah tidak pernah mengikuti kompetisi sains bahkan di tingkat kabupaten. Keterpencilan menjauhkan anak-anak disana dengan kesempatan. Namun kehadiran seorang anak muda terbaik Indonesia telah mendekatkan kesempatan itu.

Pengajar Muda hidup satu tahun di desa-desa terpencil untuk menjadi jendela informasi terhadap dunia luar. Menjadi sumber motivasi untuk meningkatkan ekspektasi masyarakat terhadap pendidikan anak-anak mereka. Sabariah dan teman-temannya adalah jumlah kecil dari ribuan anak indonesia di desa-desa terpencil yang mendapat kesempatan untuk bertemu dengan guru terbaik. Berinteraksi dengan jendela kemajuan. Didekatkan dengan Indonesianya.

Indonesia Mengajar mengundang anak-anak muda terbaik mengabdikan satu tahun waktunya untuk berada di desa terpencil, berinteraksi dengan anak-anak dan masyarakat, membimbing dan mengantarkan “Sabariah-Sabariah” lainnya pada kesempatan dan kemajuan. Menginspirasi sekaligus terinspirasi, mengajar sekaligus belajar dari Indonesia. Indonesia kita ini besar, dan akan terus semakin besar. Kita percaya.

Pendaftaran dilakukan secara online sejak tanggal 10 April – 15 Mei 2012. Persyaratannya dapat dilihat di: http://indonesiamengajar.org/dukung-indonesia-mengajar/jadi-pengajar-muda/

Untuk informasi dan pertanyaan seputar pendaftaran Pengajar Muda dapat dikirimkan melalui email: rekrutmen@indonesiamengajar.org atau follow akun twitter @jadiPM
Sekarang giliranmu!

Salam,
Tim Indonesia Mengajar

__._

__,_._,___

One comment

  1. […] Tristan Alif Naufal, ‘Messi Kecil’ dari Indonesia (Bag 2-habis)Tristan Alif Naufal, ‘Messi Kecil’ dari Indonesia (Bag 1)LIONEL MESSI KECIL Leonel Angel CoiraTristan Alif Naufal, Indonesian Footballer Tricks And SkillsTristan Alif ‘Messi’ Naufal, The Next Messi from Indonesia Tristan Alif Naufal – BecakComTristan Alif Ingin Seperti MessiLiga : Berita Sepak Bola4 Bintang Porno Wanita Asal Indonesia .Child Football Talent : Tristan Alif NaufalUndangan Untuk Anak Muda Indonesia […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: