Indonesian Aerial Robot Contest 2012


Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan ITB mempersembahkan

Indonesian Aerial Robot Contest 2012

Sebuah kontes robot terbang se-Indonesia yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan ITB. Kegiatan ini adalah pengembangan dari kegiatan IIARC atau Indonesian Indoor Aerial Robot Contest yang telah sukses diselenggarakan sejak tahun 2008. Tahun ini IIARC hadir kembali dengan bentuk yang lebih baru dan lebih segar, yaitu kontes pesawat Outdoor dengan misi yang lebih aplikatif serta menantang.

Terdiri atas 2 rangkaian acara, yaitu:

Workshop
Waktu: 16 September 2012
Tempat: Galeri I CC Timur, Kampus ITB, Bandung
Kegiatan: Sebuah pelatihan manufaktur UAV/s (Unmanned Aerial Vehicle/System / Pesawat/Sistem Tanpa Awak) yang diselenggarakan untuk umum. Di acara ini, peserta akan mendapatkan materi mengenai pengertian dasar UAV/s, perbedaannya dengan aeromodelling, misi dan fungsi, sistem utama dan sistem pendukung, serta cara dan proses pembuatannya.
Pendaftaran: sebelum 14 September 2012
Biaya: IDR 65,000
Fasilitas: Seminar Kit (Handout + CD), Sertifikat, Konsumsi

Kontes
Waktu: 2-4 November
Tempat: Lanud. Sulaiman, Bandung
Kegiatan: Sebuah kompetisi yang terdiri dari 3 kategori: SMA, Mahasiswa, dan Umum, dengan misi masing-masing yang berbeda. Kompetisi diawali dengan proses validasi dan presentasi, tes terbang, lalu terbang misi.
Pendaftaran: 9-30 September 2012
Biaya: IDR 350,000
Terdiri atas 3 kategori:
1. Kategori Siswa SMA: UAV melakukan payload dropping mission dengan mission coverage 100 meter. Dropping di sini maksudnya pilot akan berusaha mengendalikan pesawatnya dan menjatuhkan payload (bawaan) di tempat-tempat yang telah ditentukan serta sesuai jumlah yang sudah ditentukan.
2. Kategori Mahasiswa: UAV melakukan object identifying mission melalui udara (aerial surveillance) dengan mission coverage 200 meter. Identifikasi di sini maksudnya pilot mengarahkan pesawat yang telah dipasangkan sistem rekam (kamera/handycam) menuju tempat-tempat yang telah ditentukan, lalu menangkap gambar objek dari langit, dan mengidentifikasi hasil tangkapan ketika pesawat sudah kembali ke darat.
3. Kategori Umum: UAV melakukan object identifying mission melalui udara (aerial surveillance) lalu melakukanpayload dropping mission sesuai jumlah objek. Kurang lebih sama dengan yang dilombakan mahasiswa, bedanya di sini peserta ditantang untuk langsung melakukan kedua misi secara terintegrasi

*Untuk Regulasi dapat dilihat di website.

Pada kontes, peserta diarahkan untuk membuat dan mengembangkan mikro UAV dengan sistem pengamatan dari langit, hal ini sangat berguna apabila dapat diaplikasikan dan dikembangkan lebih lanjut dalam bidang identifikasi, pengamatan, pemetaan, dan dapat digunakan oleh pihak-pihak seperti Tim SAR dalam pencarian korban hilang, badan meteorologi dan vulkanologi dalam pengamatan gunung berapi dari langit, angkatan laut dalam penjagaan batas-batas wilayah negara, geodet dalam pemetaan, dan lain-lain. Potensi mikro UAV ini amat banyak, tetapi belum banyak diketahui, itulah salah satu alasan diadakannya kompetisi ini.

Untuk informasi lebih lanjut dan kelengkapan berkas registrasi, kunjungi http://iarc2012.com, atau kontak kami di:
Workshop – Registrasi: Arri (085695465665)
Kontes- Registrasi: Ryan (085692632257) | Regulasi: Rival (085780958025)
panitia.iarc2012

atau ikuti akun twitter kami di @iarc2012_itb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: