Lomba Ocean Summit 2012, Indonesia Ocean Expo 2012


Teknik kelautan ITB akan mengadakan tiga lomba yang berkaitan dengan penerapan keilmuan teknik kelautan dalam rangka acara Ocean Summit 2012 ini. Adapun ketiga lomba yang akan diadakan tersebut
ialah:

1. Student Innovation Competition
Student Innovation Competition adalah suatu kompetisi untuk membuat sebuah proposal rancangan produk atau prototipe yang realistis dan aplikatif mengenai teknologi dan pengembangan kemaritiman di Indonesia. Pada kompetisi ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan teknologi untuk meningkatkan pemanfaatan dan manajemen sumber daya dan potensi laut Indonesia.

Proposal yang diikutsertakan dalam lomba ini diharapkan dibuat berdasarkan pengamatan, baik secara langsung (observasi di kawasan pesisir) maupun dari studi literatur melalui berita (media cetak maupun media online) sehingga proposal dapat langsung diajukan ke pihak berwenang untuk direalisasikan.

2. Torpedo Challenge
Torpedo merupakan salah satu senjata untuk pertahanan suatu negara di lautan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), torpedo didefinisikan sebagai:

1) senjata peledak berbentuk cerutu besar diluncurkan dr kapal, kapal selam, atau pesawat terbang untuk menenggelamkan kapal lain;
2) kapal perang (selam) kecil yg bertugas menembakkan torpedo;

Torpedo Challenge merupakan lomba mendesain torpedo sederhana. Torpedo yang akan dibuat dalam lomba ini bukanlah torpedo yang mempunyai kemampuan untuk meledak seperti definisi dan tujuan asli dibuatnya torpedo. Torpedo yang dimaksud adalah alat yang memiliki kemampuan untuk melaju di air dengan cara gerak yang sederhana yakni menggunakan tenaga baterai dan dinamo. Torpedo jenis ini mengadaptasi cara kerja kapal selam sederhana. Berikut ini adalah gambar torpedo sederhana:
Untitled.jpg

3. Media Campaign Contest
Indonesia merupakan negara maritim yang besar yang dua per tiga wilayahnya berupa lautan. Laut memberikan manfaat yang besar bagi Negara Indonesia. Namun, potensi sumber daya dari laut yang besar tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Media merupakan suatu alat atau sarana yang salah satunya berfungsi untuk menyebarluaskan suatu informasi. Media Campaign merupakan sarana efektif untuk menyebarluaskan informasi. Informasi tersebut dapat berupa suatu fakta terkini yang mungkin belum banyak diketahui orang ataupun suatu ide untuk menuju perubahan menjadi lebih baik.

Media Campaign Contest ini terdiri dari 2 kategori yaitu Online Writing Contest dan Audio Visual Contest. Tujuan diadakannya Media Campaign Contest adalah untuk mengkampanyekan suatu informasi ataupun suatu ide agar diketahui oleh masyarakat luas dan menambah wawasan kemaritiman Indonesia.

Info lebih lanjut dapat ditemukan melalui:

Website:
www.oceansummit2012.com

E-mail: indonesiaoceanexpo

Twitter:
@OceanSummit2012

Facebook:
Ocean Summit 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: